Varietas Tanaman Zaitun

Pohon zaitun (Olea europaea) telah dibudidayakan selama ribuan tahun, yang telah menyebabkan pemilihan berbagai bentuk dan kebiasaan dari pohon zaitun. Setelah diseleksi dibudidayakan, mereka menjadi dikenal sebagai ‘kultivar’; setiap kultivar zaitun diberi nama dan asalnya dipelihara oleh propagasi, oleh stek atau metode yang disukai.

Pengembangan tiap varietas tersebut untuk penanaman itulah yang dinamakan kultivar (Cultivated variety)

Varietas adalah tingkatan klasifikasi taksonomi yang paling rendah di bawah spesies. Varietas di dalam botani lebih dikenal sebagai Botanical Variety (varietas botani).Varietas merupakan klasifikasi taksoomi maka kultivar merupakan hasil pemuliaan tanaman dari suatu varietas ataupun spesies dan sebagainya yang digunakan oleh masyarakat untuk pertanaman atau budidaya. Misal pada padi,Pada padi varietas indica dikembangkan seperti kultivar Silugonggo, Mentikwangi, IR, dan lain sebagainya.

Begitu juga di tanaman zaitun (Olea europaea) juga ada beberapa pengembangan varietas:

Olea europaea ‘Arbequina’
Asal: Catalonia, Spanyol

Olea europaea ‘Arbequina’ adalah pohon kecil menengah. Buahnya dapat disiapkan untuk bahan makan atau digunakan untuk membuat minyak zaitun yang sangat baik. Ini adalah pohon toleran beradaptasi tanah kering,kurang subur.

Olea europaea ‘Cipressino’
Asal: Puglia, Italia

Olea europaea ‘Cipressino’ adalah pohon tegak kuat, mendapatkan namanya dari kesamaannya dengan kebiasaan dari cemara Italia seperti pensil. Ini adalah pohon yang sangat kuat dan menunjukkan ketahanan yang baik terhadap kondisi wilayah pesisir, tetapi akan memerlukan penyerbuk untuk menghasilkan kelimpahan zaitun hitam yang paling cocok untuk minyak zaitun halus.

Olea europaea ‘Frantoio’
Asal: Tuscany, Italia

Olea europaea ‘Frantoio’ adalah salah satu varietas favorit , itu membuat klasik kecil ke pohon zaitun menengah yang merupakan indikasi dari kebun zaitun di sekitar kaki bukit Tuscany. Ini adalah pohon diri-subur, serta menjadi penyerbuk yang baik, buah zaitun membuat minyak, indah aromatik fruity.

Olea europaea ‘Hojiblanca’
Asal: Andalucia, Spanyol

Olea europaea ‘Hojiblanca’ menghasilkan cabang melengkung panjang tertutup daun yang telah undersides putih yang berbeda, membuat pohon langsung dikenali bila dilihat secara massal. Ini adalah toleran terhadap dingin dan menghasilkan buah berbentuk oval panjang yang dapat digunakan untuk kedua meja dan minyak.

Olea europaea ‘Leccino’
Asal: Tuscany, Italia

Olea europaea ‘Leccino’ dengan kebiasaan terbuka semi-gantung adalah bentuk populer dan banyak ditanam – mudah untuk mengolah dan toleran terhadap berbagai kondisi. Leccino menghasilkan buah zaitun yang berkualitas tinggi dan cocok untuk kedua meja dan produksi minyak zaitun. Ini adalah bentuk diri steril dan sehingga harus ditanam dengan penyerbuk yang baik.

Olea europaea ‘Manzanilla’
Asal: Andalucia, Spanyol

Olea europaea ‘Manzanilla’ adalah pohon tegak kecil dan menengah dengan cabang melengkung berbuah. Ini menghasilkan zaitun hijau klasik kecil sering dijual asin di pasar Spanyol. Hal ini hardy tetapi membutuhkan penyerbuk pendamping.

Olea europaea ‘Maurino’
Asal: Tuscany, Italia

Olea europaea ‘Maurino’ merupakan varietas khas Tuscan sering ditanam dengan Frantoio dan Leccino, itu bukan kesukaran besar tetapi penting sebagai penyerbuk silang dengan varietas unggul lainnya. Hal ini hardy dan toleran dari berbagai kondisi.

Olea europaea ‘Pendolino’
Asal: Tuscany, Italia

Ini adalah bentuk menangis kecil kompak yang berguna di mana ruang terbatas, tetapi memiliki panjang daun tipis yang menambah daya tarik arsitekturalnya. Meskipun penyerbuk baik itu sendiri, Pendolino adalah kultivar diri steril dan harus dekat penyerbuk lainnya untuk menghasilkan buah zaitun multi-tujuan hitam.

Olea europaea ‘Picual’
Asal: Andalucia, Spanyol

Olea europaea adalah zaitun, kuat tumbuh cukup besar yang sering dilihat sebagai, spesimen sangat dipangkas matang. Hal ini kuat dan memiliki kemampuan luar biasa untuk regenerasi dari kayu tua. Picual adalah produsen subur dan kaya diri, minyak zaitun gelap.

Semoga semakin menambah wawasan dalam budidaya tanaman zaitun(olea europae) di Indonesia.

Sumber:http://www.bigplantnursery.co.uk/olive_cultivars.html

Translated by http://minyakzaitun.blogdetik.com/varietas-tanaman-zaitun

Leave a comment